lecturer

Mahasiswa perlu tahu status dan kompetensi dosen yang mengajarnya. Status dosen menunjukkan apakah dosen tersebut masih aktif atau tidak dalam mengajar di satu lembaga pendidikan. Sedangkan kompetensi dosen menunjukkan bidang kepakaran dosen.

Tentu mahasiswa tidak ingin diajar oleh dosen yang sudah lama tidak aktif, juga tidak ingin diajar oleh dosen yang bukan pada bidang kepakarannya. Dalam matakuliah-matakuliah biblika, para mahasiswa tentu tidak akan mau diajar oleh dosen bidang sejarah gereja, karena bukan bidang kepakarannya.

Melalui situs PDDIKTI https://forlap.ristekdikti.go.id/, mahasiswa dapat mengecek status dan bidang kepakaran seorang dosen. Caranya adalah sebagaiĀ  berikut:

  1. Kunjungi https://forlap.ristekdikti.go.id/.
  2. Klik PENCARIAN DATA, pilih PROFIL DOSEN
  3. Pada kolom PERGURUAN TINGGI, kosongkan saja.
  4. Pada kolom KATA KUNCI isikan nama dosen yang hendak dicari.
  5. Pada Kolom pengaman, jawab pertanyaan.
  6. Klik CARI DOSEN, maka nama dosen akan muncul, mungkin beberapa nama sama akan muncul juga statusnya, apakah aktif atau tida aktif.
  7. Klik pada nama dosen yang dimaksud.
  8. Klik Riwayat Pendidikan untuk mengetahui gelar dan nama sekolahnya.
  9. Klik Riwayat Mengajar untuk mengetahui matakuliah apa saja yang pernah diajar. Dari matakuliah-matakuliah yang pernah diajar kita akan dapat menemukan bidang kepakaran dosen tersebut yaitu dengan melihat matakuliah-matakuliah serumpun yang sering diajar. Misal, dosen tersebut mengajar bahasa Yunani, bahasa Ibrani, Hermeneutik, Tafsir, yang mana semua matakuliah itu masuk dalam rumpun biblika, maka dapat dipastikan bidang kepakarannya adalah biblika. Tentu dosen tersebut seharusnya tidak mengajar bidang Sejarah Gereja.

Screenshot_569

Screenshot_570

Screenshot_571

 

Screenshot_573

174 total views, 1 views today