gembala2

Kita sering mendengar sebutan Yehovah Yireh dan selalu diartikan it will providedakan disediakan, Tuhan yang menyediakan bahkan sering juga diartikan Tuhan memberkati dengan berlimpah-limpah. Apa arti sebenarnya dari Yehovah Yireh?

Frasa Yehovah Yireh merupakan istilah dari bahasa Ibrani יהוה יראה yang terdapat pada Kej 12:24, yang terdiri dari dua kata, yakni: [1] יהוה (yhwh) merupakan nama Tuhan dalam tradisi orang Israel dan harus dibaca adonay; dan [2] יראה (yireh) merupakan kata kerja, dari akar kata ראה (raah) yang berarti melihat dalam pengertian mengamati atau memperhatikan.

Arti harafiah dari יהוה יראה (adonay yireh) adalah TUHAN akan melihat mengamati atau memperhatikan.

Dalam Kej 12:4, kata יהוה יראה dipakai untuk konteks belumnya ketersediaan domba yang menjadi barang untuk korban bakaran, seperti yang ditanyakan oleh Ishak. Sebelumnya, TUHAN telah memerintahkan Abraham untuk menjadikan Ishak sebagai barang bakaran tersebut. Oleh karena Musa mentaati perintah tersebut, maka TUHAN memperhatikan. Wujud dari perhatian TUHAN adalah dengan menghadirkan domba untuk menggantikan Ishak sebagai korban bakaran.

Karena adanya ketaatan, TUHAN memperhatikan keadaan, maka Dia bertindak mengatasi keadaan. Inilah esensi dari יהוה יראה!

 

 

 

757 total views, 1 views today