Andreas Christanto

111111

Hari ini adalah hari terakhir tahun 2021. Beberapa jam lagi kita akan meninggalkan tahun 2021 dan memasuki tahun 2022.

Beberapa kali, selama usia kita hingga saat ini, -kita selalu mengalami pergantian tahun. “Another year over, and a new one just begun…” Begitulah kata John Lennon dalam lagunya yang berjudul Happy Xmas; War is Over (1976).

Ya! Menjadi perenungan bagi kita semua, apakah kehidupan ini hanya sekedar berputar dan berulang terus begini saja? Manusia bekerja, makan, tidur, dan bekerja lagi? Jikapun memang seperti itu, bagaimana kita harus memaknai dan memahaminya?

Satu tulisan suci berbunyi, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana,” Mazmur 90:12 mengingatkan kita untuk minghitung hari.

Apa maksud kalimat/ tulisan tersebut? Tentu bukan menghitung angka tanggal pada kalender! Yang sedang dimaksud menghitung hari-hari berarti menemukan dan mengingat keterlibatan Tuhan dalam hidup keseharian kita. Ini tak lain adalah sebuah perenungan akan bagaimana keterlibatan Tuhan dalam berkarya, menolong, mempertahankan dan memberkati kita di hari-hari kehidupan yang telah kita lewati sepanjang tahun 2021 ini.

Jika kita masih ada dalam keadaan baik hingga hari ini, itu semua karena kasih dan pemeliharaan Tuhan yang sempurna kepada setiap kita.

Mari kita nikmati pergantian tahun 2021 ini dengan menaikkan ucapan syukur dan terimakasih kepada Tuhan dan dengan doa memohon penyertaan-Nya , perlindungan-Nya, serta berkat-Nya untuk kehidupan kita di tahun 2022 yang akan kita masuki beberapa jam lagi.

Selamat memasuki tahun baru 2022! Ebenhaezer, אבן העזר

 

Andreas Christanto & Fam.

Pangkalpinang, 31 Desember 2021, 13:26 WIB