Andreas Christanto

Teologi Perjanjian Lama – Teologi Perjanjian Baru, Matakuliah Apa Itu?
MEMAHAMI TEOLOGI PL & PB DARI RACIKAN SECANGKIR KOPI SUSU

Screenshot_95

Teologi Perjanjian Lama (TPL) dan juga Teologi Perjanjian Baru (TPB) adalah matakuliah yang biasanya disajikan dan diambil oleh mahasiswa Teologi tingkat 3, (semester 5 & 6), -setelah mereka lulus dari matakuliah Pengantar/ Introduksi PL-PB, Hermeneutik, Bahasa Ibrani, Bahasa Yunani, dan/ atau sedang bersamaan mengambil matakuliah Eksegese PL-PB. Matakuliah ini merupakan bagian, -bahkan matakuliah puncak/ purna dari kelompok matakuliah rumpun Teologi Biblika, -oleh sebab itu beberapa matakuliah yang telah disebutkan di atas, merupakan matakuliah prasyarat yang harus diambil dan lulus terlebih dahulu, karena akan menjadi tools untuk TPL-TPB.

Matakuliah TPL-TPB adalah matakuliah yang bertujuan untuk menjawab sebuah pertanyaan sederhana, “Apa itu PL? dan Apa itu PB?” Yang dimaksud “apa” adalah “tentang apa?” Walau itu merupakan pertanyaan yang sederhana, namun tidak mudah dijawab! Saya sering mengilustrasikan bahwa matakuliah TPL-TPB seperti seseorang yang sedang mencoba rasa sebuah minuman, -katakanlah Kopi Susu, dan bertanya, “Apa rasa Kopi Susu?” Tentu apa rasa Kopi Susu tergantung dari cara meraciknya. Dari sepuluh orang, yang mana setiap orangnya diberikan bahan-bahan membuat Kopi Susu dengan kualitas dan takaran yang sama, rasa Kopi Susu berbeda satu dari yang lain, tergantung dari cara meracik setiap orang yang membuatnya. Sama seperti itulah TPL-TPB! Walau objek materialnya sama, yaitu teks Alkitab, -namun oleh karena cara ‘meraciknya’ (=cara pendekatannya) yang dilakukan oleh setiap teolog berbeda/ beragam, maka ‘rasa,’ jawaban atau deskripsi atas Apa itu PL? atau Apa itu PB? pasti akan berbeda-beda juga.

Oleh karena berhubungan dengan ‘cara meracik‘ atau ‘cara memasak‘ yang tak lain adalah cara pendekatannya, maka sudah pasti bahwa pokok bahasan matakuliah TPL-TPB bukan pada hasil akhir rumusan TPL-TPB-nya saja, -namun terlebih dari itu ialah pada METODE yang dipilih dan digunakan untuk ber-TPL/TPB (cara meraciknya). Metode atau cara meraciknya saja masih menjadi satu hal yang dibahas dan dipercakapan!

Dengan demikian kita menjadi mengerti mengapa ada banyak buku TPL/ TPB yang dihasilkan oleh para teolog biblika, yaitu oleh karena adanya perbedaan metode yang digunakan. Mengapa hasil (rasa racikan Kopi Susu) TPL-nya Walter Eichrodt pada karyanya Theologie des Alten Testaments1 terasa ‘lembut. manis, dan soft’ berbeda dengan TPL-nya (racikan Kopi Susu) Gerhard von Rad pada karyanya yang juga berjudul Theologie des Alten Testaments2, -lebih ‘pahit, strong‘? Padahal sumber atau titik berangkat mereka sama, yaitu Kitab Perjanjian Lama! Hal yang membuat kopi susu (TPL) mereka terasa berbeda adalah ‘cara meraciknya’, -yaitu metode pendekatannya; Eichrodt meracik TPL-nya dengan menggunakan metode sinkronis-cross-section; -sedangkan von Rad meracik TPL-nya dengan menggunakan metode diakronis.

Jangankan antara sinkronis terhadap diakronis, yang sama-sama sinkronis pun juga berebeda!

Screenshot_90
Mahasiswa Teologi S1 STT Bethel Indonesia di awal kuliah Teologi Perjanjian Lama 1, sedang praktik membuat/ meracik kopi-susu untuk memahami Teologi Perjanjian Lama dan Teologi Perjanjian Baru, sebagai Teologi Biblika.

Scope atau jangkauan TPL-TPB bukan lagi ayat, perikop, pasal, kitab melainkan semua kitab, yaitu PL atau PB itu sendiri.

TPL-TPB Bukan Introduksi PL & PB, -Bukan Dogmatika, -Juga Bukan Eksegese!

Biasanya, mahasiswa kurang dapat membedakan antara matakuliah Introduksi PL-PB, Dogmatika, Eksegese PL-PB, dan Teologi PL-PB.

Dua Buku Pengantar TPL-TPB Karya Gerhard F. Hasel Wajib Menjadi Bacaan Awal!

Screenshot_67

Dua buku karya Hasel, Old Testament Theology: Basic Issues in the Current Debate: Revised and Expanded3 dan New Testament Theology: Basic Issues in the Current Debate4 wajib menjadi bacaan awal mahasiswa yang belajar TPL-TPB! Dua buku tersebut saya sebut sebagai ‘Pintu Doraemon.

Screenshot_68

Screenshot_69

Screenshot_70

Screenshot_71

Screenshot_72

Screenshot_73

Screenshot_74

Screenshot_75

Screenshot_76

Screenshot_89

Screenshot_90

Screenshot_88 Screenshot_87

k

Footnotes

  1. mmm
  2. Theologie des Alten Testaments: Die Theologie der geschichtichen Überlieferungen Israels,
  3. old
  4. new